RPPM PAUD tema risendiri/ sub tema tubuhku


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
UNTUK ANAK USIA DINI (TK/RA)

Semester/ Mingguan        :1/II
Tema/ Sub Tema             : Diri Sendiri/ Tubuhku
Kelompok                       : A (4-5 tahun)


Materi
Pembelajaran
Tujuan pembelajaran
Rencana Kegiatan
Strategi Pembelajaran
Senin,1Agustus 2016
1.      Mengenal anggota tubuh diri sendiri



2.      Menyusun puzzle salah satu anggota tubuh




3.      Membaca Iqra



Selasa,2-8-2016
1.    Bermain peran”pergi ke dokter gigi”(anak menjadi pasien dan guru sebagai dokternya)


2.      Bernyanyi anggota tubuh dalam bahasa Arab
3.     Membaca Iqra




Rabu 3 Agustus 2016
1.    Menempelkan anggota tubuh yang sudah di beritanda warna oleh guru kemudian anak mencocokkan dengan warna yang sama

2.    Bernyanyi “kepala pundak lutut kaki”


3.      Membaca Iqra


Kamis,4 Agustus 2016
1.    Senam



2.    Cooking class






3.      Membaca Iqra




Jumat,5 Agustus 2016
1.      Praktek ibadah


2.      Bercerita tentang kisah nabi melalui lagu.
3.      Membaca Iqra

Anak mengetahui bagian anggota tubuhnya



Melatih konsentrasi anak dalam menyusun dengan benar
Anak belajar mengenal anggota tubuh



Anak mengenal huruf hijaiyah



Anak ncermengetahui cara merawat gigi






Anak dapat berhasa arab melalui irama gerak dan lagu
Anak mengenal huruf hijaiyah



Melatih motorik halus anak dalam mengelem dan menempel.






Melatih seni anak melalui gerak dan lagu


Anak mengenal huruf hijaiyah


Anak dapat mengikuti gerak dan lagu

Anak dapat mengetahui cara olah masakan
Melatih motorik kasar anak




Anak mengenal huruf hijaiyah



Anak terbiasa beribadah


Anak bisa
mengetahui kisah kisah nabi dan mudah di ingat dengan irama lagu.
Anak mengenal huruf hijayah
Sentra persiapan
 Guru Menyiapkan bingkai foto anggota tubuh  diri warna merah, kuning, hijau

Guru menyiapkan media berupa  puzzle yang belum tersusun untuk di susun oleh anak



Guru memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dengan pembelajaran Iqra

Sentra Bermain Peran
   Guru mempersiapkan peralatan dokter gigi dan menceritakan jalan cerita yang akan di mainkan oleh anak dan Guru



Guru memberikan contoh lagu dan di ikuti oleh semua anak
Guru memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dalam pembalajaran iqra
Sentra Seni
Guru menyiapkan media berupa gambar anggota tubuh, kertas warna yang sudah di bentuk dan lem kemudian anak akan mencocokan dan menempelnya sesuai gambar yang sudah di beri tanda oleh guru
Guru memberi contoh gerak  dan lagu, dan di ikuti oleh semua anak

Guru memakai media kartu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran Iqra
Sentra Olah tubuh
Guru mencontohkan gerakan senam sehat gembira
Guru menyiapakan peralatan masak dan bahan bahan yang akan di olah kemudian guru mengintruksikan supaya menyimak dan memperhatikan.
Guru memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra

Sentra Imtaq
Guru mencontohkan gerakan ibadah(cara berwudhu dan shalat)
Guru bercerita sambil bernyanyi menggunakan boneka tangan

Guru memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra

Berpusat pada anak
Bernyanyi
Beercerita
Pembelajaran terpadu
Bermain
Pengembangan nilai nilai Karakter

















Berpusat pada anak
Bermain
Bercerita
Bernyanyi
Pembelajaran terpadu
Pengembangan nilai-nilai karakter














Berpusat pada anak
Bermain
Bercerita Bernyanyi
Pembelajaran terpadu
Nilai-nilai karakter






Berpusat pada anak
Bermain
Bercerita Bernyanyi
Pembelajaran terpadu
Nilai-nilai karakter






Mengetahui

Kepala Sekolah

Wali kelas









Evan Tripurnama

Dini Pratami amalia



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel