RPPM PAUD tema risendiri/ sub tema tubuhku
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM)
UNTUK ANAK USIA DINI (TK/RA)
Tema/ Sub Tema : Diri Sendiri/ Tubuhku
Kelompok : A (4-5 tahun)
Materi Pembelajaran | Tujuan pembelajaran | Rencana Kegiatan | Strategi Pembelajaran |
Senin,1Agustus 2016 1. Mengenal anggota tubuh diri sendiri 2. Menyusun puzzle salah satu anggota tubuh 3. Membaca Iqra Selasa,2-8-2016 1. Bermain peran”pergi ke dokter gigi”(anak menjadi pasien dan guru sebagai dokternya) 2. Bernyanyi anggota tubuh dalam bahasa Arab 3. Membaca Iqra Rabu 3 Agustus 2016 1. Menempelkan anggota tubuh yang sudah di beritanda warna oleh guru kemudian anak mencocokkan dengan warna yang sama 2. Bernyanyi “kepala pundak lutut kaki” 3. Membaca Iqra Kamis,4 Agustus 2016 1. Senam 2. Cooking class 3. Membaca Iqra Jumat,5 Agustus 2016 1. Praktek ibadah 2. Bercerita tentang kisah nabi melalui lagu. 3. Membaca Iqra | Anak mengetahui bagian anggota tubuhnya Melatih konsentrasi anak dalam menyusun dengan benar Anak belajar mengenal anggota tubuh Anak mengenal huruf hijaiyah Anak ncermengetahui cara merawat gigi Anak dapat berhasa arab melalui irama gerak dan lagu Anak mengenal huruf hijaiyah Melatih motorik halus anak dalam mengelem dan menempel. Melatih seni anak melalui gerak dan lagu Anak mengenal huruf hijaiyah Anak dapat mengikuti gerak dan lagu Anak dapat mengetahui cara olah masakan Melatih motorik kasar anak Anak mengenal huruf hijaiyah Anak terbiasa beribadah Anak bisa mengetahui kisah kisah nabi dan mudah di ingat dengan irama lagu. Anak mengenal huruf hijayah | Sentra persiapan Guru Menyiapkan bingkai foto anggota tubuh diri warna merah, kuning, hijau Guru menyiapkan media berupa puzzle yang belum tersusun untuk di susun oleh anak Guru memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dengan pembelajaran Iqra Sentra Bermain Peran Guru mempersiapkan peralatan dokter gigi dan menceritakan jalan cerita yang akan di mainkan oleh anak dan Guru Guru memberikan contoh lagu dan di ikuti oleh semua anak Guru memakai media berupa kartu huruf hijaiyah, dalam pembalajaran iqra Sentra Seni Guru menyiapkan media berupa gambar anggota tubuh, kertas warna yang sudah di bentuk dan lem kemudian anak akan mencocokan dan menempelnya sesuai gambar yang sudah di beri tanda oleh guru Guru memberi contoh gerak dan lagu, dan di ikuti oleh semua anak Guru memakai media kartu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran Iqra Sentra Olah tubuh Guru mencontohkan gerakan senam sehat gembira Guru menyiapakan peralatan masak dan bahan bahan yang akan di olah kemudian guru mengintruksikan supaya menyimak dan memperhatikan. Guru memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra Sentra Imtaq Guru mencontohkan gerakan ibadah(cara berwudhu dan shalat) Guru bercerita sambil bernyanyi menggunakan boneka tangan Guru memakai media kaertu huruf hijaiyah, dalam pembelajaran iqra | Berpusat pada anak Bernyanyi Beercerita Pembelajaran terpadu Bermain Pengembangan nilai nilai Karakter Berpusat pada anak Bermain Bercerita Bernyanyi Pembelajaran terpadu Pengembangan nilai-nilai karakter Berpusat pada anak Bermain Bercerita Bernyanyi Pembelajaran terpadu Nilai-nilai karakter Berpusat pada anak Bermain Bercerita Bernyanyi Pembelajaran terpadu Nilai-nilai karakter |
Mengetahui | ||
Kepala Sekolah | Wali kelas | |
Evan Tripurnama | Dini Pratami amalia |