RPPH Pendidikan anak usia dini Kurikulum 2013 tema Tanaman Ciptaan Allah
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) Pendidikan Anak Usia Dini Kurikulum 2013 | |||
Semester | Bulan | Minggu | Hari |
1 | Oktober | 1 | Selasa |
Model Pembelajaran : Kelompok
Hari,Tanggal : Selasa 4 Oktober 2016
Kelompok/Usia : A/4-5 Tahun
Tema/Sub Tema : Tanaman Ciptaan Allah/Tanaman Buah
A. Materi Dalam Kegiatan
1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar
2. Tanya jawab tentang macam-macam Tanaman Buah
3. Menyebutkan manfaat tanaman buah anak di depan kelas
4. Menyanyikan lagu “menanam buah”
B. Materi yang masuk dalam pembiasaan
1. Bersyukur sebagai ciptaan Allah
2. Mengucapkan salam dalam SOP Penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP Pembukaan
4. Tata cara mencuci tangan dan menggosok gigi dalam SOP sebelum dan sesudah makan
C. Alat dan Bahan
1. Gambar macam-macam Tanaman Buah
2. Kertas HVS yang berisikan sketsa gambar tanaman buah untuk di warnai
3. Pensil warna/crayon
4. Buku BAIS (disesuaikan dengan tema)
D. Kegiatan Pelaksanaan Belajar
Kegiatan Belajar | Waktu | Sumber | |
Pembukaan | - Berbaris (menyanyikan lagu “Neng Neng”) - Bernyanyi “Surat Alfatiha” - Doa pengampunan diri sendiri dan orang tua - Berdoa sebelum belajar dan salam - Absensi siswa | 5 menit | Buku doa-doa |
Inti | - Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan - Guru mempersilakan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang dipahami anak - Tanya jawab macam-macam - Tanaman Buah - Menyebutkan manfaat dari tanaman buah - Mewarnai gambar tanaman buah - Mengelompokan warna tanaman buah | 10 menit | Buku BAIS |
Istirahat | - Cuci tangan sebelum makan - Makan bersama dan berdoa sebelum/sesudah makan - Bermain bebas bersama teman | Free memory | Kelas dan halaman |
Penutup | - Evaluasi kegiatan belajar - Tanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan - Menginformasikan kegiatan untuk esok hari - Menyanyikan lagu “pulang sekolah” - Doa dan salam pulang | 5 menit | Kelas |
| | Bandung, 03 Oktober 2016 |
Kepala Sekolah, | | Guru Kelas, |
| | |
| | |
(..........................) | | (...........................) |
E. Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian
Program pengembangan | Kompetensi Dasar | INDIKATOR |
Nilai agama dan moral | 1.1, 3.1, 4.1 | Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan Anak dapat berdoa sebelum dan sesudah belajar |
Motorik | 2.1, 3.4, 4.4 | Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi Anak dapat menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat |
Sosial emosional | 2.5, 2.6 | Anak terbiasa memberi salam Anak terbiasa mengikuti aturan |
Kognitif | 3.6, 4.6 | Anak mengelompokkan berdasarkan warna |
Bahasa | 1.13, 3.10, 4.10 | Anak terbiasa berlaku ramah, anak memahami cerita yang dibacakan cerita |
Seni | 3.15, 4.15 | Anak menyanyikan lagu “menanam buah” |
F. Rencana Penilaian
1. Indikator Penilaian
CHECKLIST SKALA CAPAIAN PERKEMBANGAN
Hari/ tanggal : Selasa, 4 Oktober 2016 Kelompok Usia : A 4-5 tahun
No | Indikator Penilaian | Tingkat Kemampuan | |||
BB | MB | BSH | BSB | ||
1 | Nilai Agama Moral (NAM) · Anak terbiasa bersyukur dirinya sebagai ciptaan Tuhan · Anak berdoa sebelum dan sesudah belajar | ||||
2 | Fisik Motorik · Anak terbiasa mencuci tangan dan menggosok gigi · Anak dapat menyebutkan macam macam tanaman buah,manfaat tanaman buah | ||||
3 | Sosial Emosional · Anak terbiasa memberi salam · Anak terbiasa mengikuti aturan | ||||
4 | Kognitif · Anak mengelompokkan berdasarkan warna | ||||
5 | Bahasa · Anak terbiasa berlaku ramah · Anak memahami cerita yang dibacakan cerita | ||||
6 | Seni · Anak menyanyikan lagu Tanaman buah dan lagu surat Alfatihah |