RPP harian K-13 untuk Anak RA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) PAUD K-13 | |||
SEMESTER | BULAN | MINGGU KE | HARI KE |
II | | 3 | 11 |
PIAUD LAB UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
TAHUN AJARAN 2016/2017
HARI 1
Model Pembelajaran : Area/Sudut
Semester/Bulan/Minggu ke :
Tema / Subtema/Sub-sub tema : Kendaraan/Kendaraan di udara/Pesawat Terbang
Kelompok / Usia : A/4–5 Tahun
Hari / Tanggal : Senin
Tema / Subtema/Sub-sub tema : Kendaraan/Kendaraan di udara/Pesawat Terbang
Kelompok / Usia : A/4–5 Tahun
Hari / Tanggal : Senin
Ayat Tematik
قُلْ سِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ بَدَأَ الْخَلْقَ ۚ ثُمَّ اللَّهُ يُنْشِئُ النَّشْأَةَ الْآخِرَةَ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Katakanlah: "Berjalanlah di (muka) bumi, maka perhatikanlah bagaimana Allah menciptakan (manusia) dari permulaannya, kemudian Allah menjadikannya sekali lagi. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (QS. Al-Ankabut : 20)
A. MATERI DALAM KEGIATAN
1. Doa sebelum dan sesudah belajar,
2. Cerita bagian dan fungsi pesawat terbang
3. Mencocokan gambar pesawat terbang
4. (Catatan: materi mencocokan berdasarkan bentuk dan warna pesawat terbang yang sudah di beri tanda dengan kertas warna di isampaikan hari berikutinya)
5. Bernyanyi tentang pesawat terbang
Lagu “Pesawat Terbang”
Cita-citaku....uu......uu
Ingin jadi profesor
Bikin pesawat terbang
Seperti pak Habibie.
Kalo bisa terbang kubawa
Mama ke pasar
Puter-puter ngeok
Asyik sekali.
Puter kiri puter kanan
Asyik sekali.
Ingin jadi profesor
Bikin pesawat terbang
Seperti pak Habibie.
Kalo bisa terbang kubawa
Mama ke pasar
Puter-puter ngeok
Asyik sekali.
Puter kiri puter kanan
Asyik sekali.
Cerita “Kegiatan Yang Disenangi Di Sekolah”
Bagian-bagian pesawat terbang
Sayap untuk terbang
Ekor pesawat untuk arah pesawat
Roda untuk turun di landasan
Kursi untuk duduk penumpang
Lampu untuk menerangi didalam pesawat
Indah bercerita tentang Pesawat Terbang itu untuk pergi ke luar Kota dan ke Luar Negeri
A. MATERI YANG MASUK DALAM PEMBIASAAN
1. Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2. Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan
3. Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4. Mencuci tangan dan menggosok gigi masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
C. ALAT DAN BAHAN
1. Gambar Pesawat Terbang
2. Kegiatan melipat: Kertas lipat warna dan lem untuk membuat Pesawat Terbang
3. Kegiatan mencocokan gambar pesawat terbang : memerlukan kertas lipat warna, gunting, lem kertas, dan gabus
4. Kegiatan membuat Menebalkan huruf K pada KAPAL membutuhkan: gambar simbol huruf “K”pada KAPAL, pensil warna.
5. Kegiatan main drama menjadi PILOT membutuhkan: Pakaian pilot yang lengkap, kursi pesawat
D. KEGIATAN BELAJAR
Kegiatan belajar | Waktu | Sumber | |
Pembukaan | 1. Kegiatan penyambutan anak sesuai SOP 2. Bermain Bebas sesuai SOP 3. Berbaris sesuai SOP 4. Kegiatan Transisi sesuai SOP 5. Kegiatan Transisi sesuai SOP | 30 menit | Pedoman SOP Pendidikan Anak Usia Dini kemendikbud.Dirjen PAUD tahun.2015. |
Inti | Al Qur’an a. Hapalan Quran surat Alfatihah b. Mengenalkan kendaraan pada anak dengan tema kendaraan di udara dan Al Fatihah. c. Penyajian kisah sekitar Al Fatihah d. Lagu dan pesan Al Fatihah. | 60 menit | Aktivitas B3 Al-Quran.tahun.2015 Heri Hidayat. |
6. Guru mengajak anak mengamati alat dan bahan Peasawat Terbang 7. Guru menanya pada anak dimana mereka pernah melihat Pesawat Terbang 8. Guru menyebutkan bagian pesawat dan fungsinya 9. Anak melakukan kegiatan sesuai dengan yang diminati dan gagasannya: a. Area seni: Guru mengajak anak untuk mencocokkan gambar dengan kertas lipat yang sudah di sediakan b. Area kekasaran: mengenal simbol- simbol huruf c. Area main drama:”menjadi PILOT” 10. Anak menceritakan kegiatan main yang di lakukannya 11. Guru menanyakan konsep yang di temukan anak di kegiatan mainnya | Majalah bergambar Buku Bais | ||
Istirahat | a. Cuci tangan b. Do’a sebelum dan sesudah makan | 30 menit | Permendikbud 2013 |
Penutup | 12. Membuat lingkaran 13. Menanya pada anak apa saja yang telah di pelajarinya tadi 14. Membuat kesimpulan sederhana 15. Mengulang kembali hapalan alfatihah dan lagu arti alfatihah 16. Rencana pembelajaran berikutnya 17. Do’a dan lagu sebelum pulang 18. Menunggu jemputan | 30 menit | Permendikbud 2013 |
E. PENILAIAN
1. Lingkup
PERKEMBANGAN STPPA DAN INDIKATOR
No | Lingkup Perkembangan | Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) | KD | Indikator |
I | Nilai Agama dan Moral | · Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu. (I.3) · Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar.(I.2) · Mengetahui agama yang dianutnya. (I.1) | 1.1 1.2 | - Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan - Praktek Shalat - Hapalan Al Quran surat pendek. |
II | Fisik Motorik | · Memanfaatkan alat permainan di luar kelas. (A.8) | 4.3 | - Berjalan menuju ayunan sambil berhitung, lalu bermaina ayunan, kemudian berjalan menuju perosotan sambil ditutup mata, mendengar aba-aba guru, dst. |
III | Kognitif | · Mengenal tekhnologi sederhana(bagian bagian pesawat terbang) | 3.9 | - Mengelompokkan(mencocokan alat dan bahan Pesawat Terbang yang sesuai dengan konsep fungsinya) |
IV | Bahasa | · Mengenal simbol-simbol (C.1) | 4.12 | - Menebalkan huruf K pada KAPAL dengan pinsil spidol. |
V | Sosial Emosional | · Menunjukkan rasa percaya diri (A.3) | 2.2 | - Antusias dalam mengamati dan menjawab pertanyaan guru |
VI | Seni | · Mencocokan Gambar dengan kertas warna | 4.15 | - Menunjukan karya . |
2. Teknik Penilaian
a) Catatan hasil karya
b) Catatan anekdot, dan
c) Skala capaian perkembangan (rating scale)
Lembar teknik penilaian terlampir
| Bandung januari 2016 |
Kepala Sekolah Heri Hidayat, S.Sn.M.Pd.I | Guru, Evan Tripurnama NIM.1152100018 |
| |
| |
| |
Lampiran teknik penilaian
a. Catatan hasil karya
CATATAN HASIL KARYA
Nama : SISKA Kelas : A
Periode : Tahun : 2017
No | Hasil karya | KD & Indikator | Capaian Perkembangan |
| | 1.1, 1.2 - Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan - Praktek Shalat - Hapalan Al Quran surat pendek. | |
| | 4.3 - Berjalan menuju ayunan sambil berhitung, lalu bermaina ayunan, kemudian berjalan menuju perosotan sambil ditutup mata, mendengar aba-aba guru, dst. | |
| | 3.3 - Mengelompokkan alat dan bahan PESAWAT TERBANG yang sesuai dengan konsep fungsinya. | |
| | 4.12 - Menebalkan huruf K pada KAPAL dengan pinsil spidol. | |
| | 2.2 - Antusias dalam mengamati dan menjawab pertanyaan guru | |
| | 4.15 - Mencocokan gambar pesawat terbang dengan kertas warna | |
b. Catatan anekdot
CATATAN ANEKDOT
Tanggal: 28 September 2016
Usia/ kelas : 4-5 tahun/ A Nama Guru: Evan Tripurnama
Nama anak | Tempat | waktu | Peristiwa/perilaku |
Siska | | | |
Tantri | | | |
Putra | | | |
Rian | | | |
Zean | | | |
c. Skala capaian perkembangan (rating scale)
Skala Capaian Perkembangan Harian
Kelompok : A Tanggal: 19 Oktober 2016
Kelompok : A Tanggal: 19 Oktober 2016
No | Indikator Penilaian | siska | Tantri | Putra | rian | Zean |
1 | Do’a pembukaan, menyanyikan lagu baris. | | | | | |
2 | Kegiatan jurnal pagi | | | | | |
3 | Kegiatan Ikrar dan bermain motorik kasar | | | | | |
8 | Hapalan quran surat Al Fatihah | | | | | |
9 | Pengenalan kendaraan pada anak tema kendaraan di udara dan Al Fatihah. | | | | | |
10 | Antusias mendengarkan kisah sekitar Al Fatihah. | | | | | |
11 | Lagu dan pesan Al Fatihah. | | | | | |
12 | Mengamati alat dan bahan Panca Indera. | | | | | |
13 | Mengetahui bagian pesawat terbang da fungsinya | | | | | |
14 | Dapat mengelompokkan alat dan bahan Pesawat Terbang yang sesuai dengan konsep fungsinya. | | | | | |
15 | Mengikuti kegiatan sesuai dengan area yang diminati. | | | | | |
16 | Mampu menjawab konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnya di area. | | | | | |
18 | Mampu melakukan cuci tangan. | | | | | |
19 | Do’a sebelum dan sesudah makan minum. | | | | | |
20 | Mampu membuat kesimpulan sederhana | | | | | |
21 | Mampu membaca Doa dan lagu-lagu pulang | | | | | |